Kamis, 19 Mei 2011

WIN: Karakter Para Pemenang dan Cara Mencapainya...

SALAH satu buku yang selesai saya baca pada long week-end pekan lalu adalah buku berjudul “WIN” karya Dr. Frank I. Luntz (Hyperion, New York, 2011). Penulis ini adalah professional kondang dibidang business communication, terlibat dalam 2000-an survey dan juga consultant pada lebih dari dua lusin perusahaan-perusahaan top dunia Fortune 500. Isi dari buku ini sendiri adalah semacam summary dari pribadi sukses dari segala bidang mulai dari tokoh-tokoh dunia business, olah ragawan, artis, sampai politikus. Meskipun kriteria sukses atau kriteria untuk menjadi pemenang ini bisa saja berbeda dengan kriteria kita, saya pikir tidak ada salahnya kita mengambil pelajaran dari para pemenang di dunia lain tersebut.

Dari pengalamannya selama hampir seperempat abad berurusan dengan tokoh-tokoh pemenang di berbagai bidang, Dr. Frank menyimpulkan ada 15 karakter yang secara umum dimiliki oleh para pemenang tersebut:
1. Kemampuan untuk mengelola dimensi manusia dalam setiap situasi.
2. Kemampuan untuk membuat ‘pertanyaan’ yang tepat pada waktu yang tepat.
3. Kemampuan untuk melihat ‘sesuatu yang belum ada’ tetapi akan dibutuhkan manusia nantinya.
4. Kemampuan untuk memahami tantangan dan solusinya dari berbagai sudut pandang.
5. Kemampuan untuk membedakan mana-mana yang esensial dari mana-mana yang penting.
6. Kemampuan untuk berbuat lebih (do more) dan lebih baik ( do better).
7. Kemampuan untuk mengkomunikasikan visinya dengan penuh semangat (passion) dan meyakinkan.
8. Kemampuan untuk terus bergerak maju ketika orang-orang di sekitarnya menyerah.
9. Kemampuan untuk ‘nyambung’ (connect) dengan orang lain secara spontan.
10. Memiliki keingin-tahuan yang tinggi (curiosity) untuk sesuatu yang belum diketahui (unknown).
11. Memiliki gairah dan penuh semangat (passion) untuk petualangan hidup ( life adventure).
12. Memiliki chemistry yang pas dengan orang-orang yang bekerja dengannya.
13. Kerelaan untuk gagal tanpa harus patah semangat untuk bangkit dan mencoba lagi.
14. Percaya pada kekuatan lain diluar dirinya.
15. Memiliki semangat hidup yang tinggi.
Bila Anda memiliki keseluruhan atau setidaknya sebagian besar dari karakter untuk menjadi pemenang ini, maka besar peluangnya untuk Anda-pun bisa menjadi pemenang dibidang Anda masing-masing.

Lantas bagaimana Anda bisa membangun karakter para pemenang tersebut bila saat ini Anda belum memilikinya? Dr. Frank merumuskannya dalam 9 P sebagai berikut:

1. People-Centeredness (Fokus Pada Manusia)

Siapapun Anda, apapun yang Anda lakukan, produk apapun yang akan Anda jual, pengaruh apapun yang ingin Anda tebarkan – semuanya adalah berhubungan dengan manusia. Dan manusia seperti kita semua, bukan sekedar angka dan bukan sekedar objek (untuk kepentingan apapun), kita semua adalah pelaku yang memiliki keinginan kita sendiri, perasaan kita sendiri dan keputusan-keputusan yang tidak bisa di generalisir.

2. Paradigm Breaking (Perubahan Paradigma)

Perbuatan atau kerja biasa-biasa tidak akan melahirkan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang luar biasa, yang merubah kehidupan manusia secara dramatis adalah buah kerja luar biasa. Diperlukan perubahan paradigma dalam Anda bekerja, dalam berpikir dan melihat sesuatu untuk merubah karya yang ordinary menjadi extra- ordinary.

3. Prioritization (Mampu Membuat Prioritas)

Para pemenang memperoleh keberhasilannya karena mereka mampu mengelola resources yang dimilikinya secara optimal, mampu membedakan mana-mana yang harus dilakukan (must be done) dari apa-apa yang sebaiknya dilakukan (should be done).

4. Perfection (Kesempurnaan)

Para pemenag tidak cukup puas dengan kerja baik atau hasil yang baik. Selama sebuah karya masih bisa diperbaiki, maka karya tersebut akan terus diperbaiki. Ketika orang lain puas dan bangga dengan pencapaiannya, para pemenang justru mencari kelemahan atau kekurangan dari pencapaian tersebut untuk bisa diperbaiki lagi secara terus menerus.

5. Partnership (Kemitraan)

Tidak ada satu-pun orang yang sempurna, maka para pemenang adalah orang-orang yang tahu akan kelemahannya dan menghargai orang lain dengan kelebihannya. Para pemenang adalah orang-orang yang mudah bekerja sama dengan orang lain dalam tingkatan yang sama – saling membutuhkan dan saling memberi.

6. Passion (Gairah dan Penuh Semangat)

Para pemenang membangun gairah dan penuh semangat atas apa saja yang dilakukannya. Mereka memiliki tujuan atau target yang jelas dan dapat menjabarkan ke orang lain dengan jelas pula. Lebih dari itu para pemenang juga mampu menyemangati orang lain untuk berbuat mencapai tujuannya.

7. Persuasion (Meyakinkan)

Para pemenang tidak hanya berharap, tetapi juga mampu terus meyakinkan orang lain untuk memahami apa yang dia ingin capai. Dia bisa merubah orang-orang yang menentang gagasannya (rejecters) tahap-demi tahap menjadi sekedar tidak setuju (disagreeables), menjadi netral ( tidak menerima tetapi juga tidak menolak), menjadi menerima (Accepters) atau bahkan menjadi penganutnya (embracers).

8. Persistence

Para pemenang rata-rata menyadari bahwa hidup bukanlah satu permainan yang ketika dimenangkan terus selesai, bukan seperti produk yang setelah diluncurkan langsung sukses, tetapi hidup adalah perjalanan panjang yang penuh dengan berbagai jenis permainan yang berserial. Tidak harus dan memang tidak bisa semuanya dimenangkan, tetapi ketika mereka kalah dalam saru permainan – para pemenang harus lebih banyak memenangkan permainan lainnya.

9. Principled Action

Apalah artinya sebuah kemenangan dalam berusaha, dalam olah raga, dalam ketenaran dunia hiburan dan berbagai kemenangan lainnya bila kehidupan para pemenang tersebut justru mengecewakan dalam diri dan keluarganya. Untuk menghindari hal ini, para (calon) pemenang perlu mendasari setiap perbuatan dan karyanya dengan prinsip hidup yang dipegangnya. Prinsip hidup yang mengedepankan morality, humanity, decency dan kebajikan-kebajikan lainnya – yang akan menuntun kepada kemenangan yang sempurna.
Beruntunglah bagi kita umat Islam ini, kita punya prinsip hidup yang baku sehingga standar kemenangan kita juga baku. Apa standar kemenangan kita? Allah sendiri-lah yang yang menyampaikan standar ini:
كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ 
“ Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Dan barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh dia memperoleh kemenangan.” (QS 3:185).
Maka kemenangan yang sesungguhnya inilah yang harus dikejar dengan seluruh kemampuan, resources dan semangat yang ada di diri kita...., InsyaAllah kita bisa menang.

Penulis Direktur Gerai Dinar dan kolumnis hidayatullah.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kamis, 19 Mei 2011

WIN: Karakter Para Pemenang dan Cara Mencapainya...

Diposkan oleh Wanita Sholehah di 21.59
SALAH satu buku yang selesai saya baca pada long week-end pekan lalu adalah buku berjudul “WIN” karya Dr. Frank I. Luntz (Hyperion, New York, 2011). Penulis ini adalah professional kondang dibidang business communication, terlibat dalam 2000-an survey dan juga consultant pada lebih dari dua lusin perusahaan-perusahaan top dunia Fortune 500. Isi dari buku ini sendiri adalah semacam summary dari pribadi sukses dari segala bidang mulai dari tokoh-tokoh dunia business, olah ragawan, artis, sampai politikus. Meskipun kriteria sukses atau kriteria untuk menjadi pemenang ini bisa saja berbeda dengan kriteria kita, saya pikir tidak ada salahnya kita mengambil pelajaran dari para pemenang di dunia lain tersebut.

Dari pengalamannya selama hampir seperempat abad berurusan dengan tokoh-tokoh pemenang di berbagai bidang, Dr. Frank menyimpulkan ada 15 karakter yang secara umum dimiliki oleh para pemenang tersebut:
1. Kemampuan untuk mengelola dimensi manusia dalam setiap situasi.
2. Kemampuan untuk membuat ‘pertanyaan’ yang tepat pada waktu yang tepat.
3. Kemampuan untuk melihat ‘sesuatu yang belum ada’ tetapi akan dibutuhkan manusia nantinya.
4. Kemampuan untuk memahami tantangan dan solusinya dari berbagai sudut pandang.
5. Kemampuan untuk membedakan mana-mana yang esensial dari mana-mana yang penting.
6. Kemampuan untuk berbuat lebih (do more) dan lebih baik ( do better).
7. Kemampuan untuk mengkomunikasikan visinya dengan penuh semangat (passion) dan meyakinkan.
8. Kemampuan untuk terus bergerak maju ketika orang-orang di sekitarnya menyerah.
9. Kemampuan untuk ‘nyambung’ (connect) dengan orang lain secara spontan.
10. Memiliki keingin-tahuan yang tinggi (curiosity) untuk sesuatu yang belum diketahui (unknown).
11. Memiliki gairah dan penuh semangat (passion) untuk petualangan hidup ( life adventure).
12. Memiliki chemistry yang pas dengan orang-orang yang bekerja dengannya.
13. Kerelaan untuk gagal tanpa harus patah semangat untuk bangkit dan mencoba lagi.
14. Percaya pada kekuatan lain diluar dirinya.
15. Memiliki semangat hidup yang tinggi.
Bila Anda memiliki keseluruhan atau setidaknya sebagian besar dari karakter untuk menjadi pemenang ini, maka besar peluangnya untuk Anda-pun bisa menjadi pemenang dibidang Anda masing-masing.

Lantas bagaimana Anda bisa membangun karakter para pemenang tersebut bila saat ini Anda belum memilikinya? Dr. Frank merumuskannya dalam 9 P sebagai berikut:

1. People-Centeredness (Fokus Pada Manusia)

Siapapun Anda, apapun yang Anda lakukan, produk apapun yang akan Anda jual, pengaruh apapun yang ingin Anda tebarkan – semuanya adalah berhubungan dengan manusia. Dan manusia seperti kita semua, bukan sekedar angka dan bukan sekedar objek (untuk kepentingan apapun), kita semua adalah pelaku yang memiliki keinginan kita sendiri, perasaan kita sendiri dan keputusan-keputusan yang tidak bisa di generalisir.

2. Paradigm Breaking (Perubahan Paradigma)

Perbuatan atau kerja biasa-biasa tidak akan melahirkan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang luar biasa, yang merubah kehidupan manusia secara dramatis adalah buah kerja luar biasa. Diperlukan perubahan paradigma dalam Anda bekerja, dalam berpikir dan melihat sesuatu untuk merubah karya yang ordinary menjadi extra- ordinary.

3. Prioritization (Mampu Membuat Prioritas)

Para pemenang memperoleh keberhasilannya karena mereka mampu mengelola resources yang dimilikinya secara optimal, mampu membedakan mana-mana yang harus dilakukan (must be done) dari apa-apa yang sebaiknya dilakukan (should be done).

4. Perfection (Kesempurnaan)

Para pemenag tidak cukup puas dengan kerja baik atau hasil yang baik. Selama sebuah karya masih bisa diperbaiki, maka karya tersebut akan terus diperbaiki. Ketika orang lain puas dan bangga dengan pencapaiannya, para pemenang justru mencari kelemahan atau kekurangan dari pencapaian tersebut untuk bisa diperbaiki lagi secara terus menerus.

5. Partnership (Kemitraan)

Tidak ada satu-pun orang yang sempurna, maka para pemenang adalah orang-orang yang tahu akan kelemahannya dan menghargai orang lain dengan kelebihannya. Para pemenang adalah orang-orang yang mudah bekerja sama dengan orang lain dalam tingkatan yang sama – saling membutuhkan dan saling memberi.

6. Passion (Gairah dan Penuh Semangat)

Para pemenang membangun gairah dan penuh semangat atas apa saja yang dilakukannya. Mereka memiliki tujuan atau target yang jelas dan dapat menjabarkan ke orang lain dengan jelas pula. Lebih dari itu para pemenang juga mampu menyemangati orang lain untuk berbuat mencapai tujuannya.

7. Persuasion (Meyakinkan)

Para pemenang tidak hanya berharap, tetapi juga mampu terus meyakinkan orang lain untuk memahami apa yang dia ingin capai. Dia bisa merubah orang-orang yang menentang gagasannya (rejecters) tahap-demi tahap menjadi sekedar tidak setuju (disagreeables), menjadi netral ( tidak menerima tetapi juga tidak menolak), menjadi menerima (Accepters) atau bahkan menjadi penganutnya (embracers).

8. Persistence

Para pemenang rata-rata menyadari bahwa hidup bukanlah satu permainan yang ketika dimenangkan terus selesai, bukan seperti produk yang setelah diluncurkan langsung sukses, tetapi hidup adalah perjalanan panjang yang penuh dengan berbagai jenis permainan yang berserial. Tidak harus dan memang tidak bisa semuanya dimenangkan, tetapi ketika mereka kalah dalam saru permainan – para pemenang harus lebih banyak memenangkan permainan lainnya.

9. Principled Action

Apalah artinya sebuah kemenangan dalam berusaha, dalam olah raga, dalam ketenaran dunia hiburan dan berbagai kemenangan lainnya bila kehidupan para pemenang tersebut justru mengecewakan dalam diri dan keluarganya. Untuk menghindari hal ini, para (calon) pemenang perlu mendasari setiap perbuatan dan karyanya dengan prinsip hidup yang dipegangnya. Prinsip hidup yang mengedepankan morality, humanity, decency dan kebajikan-kebajikan lainnya – yang akan menuntun kepada kemenangan yang sempurna.
Beruntunglah bagi kita umat Islam ini, kita punya prinsip hidup yang baku sehingga standar kemenangan kita juga baku. Apa standar kemenangan kita? Allah sendiri-lah yang yang menyampaikan standar ini:
كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ 
“ Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Dan barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh dia memperoleh kemenangan.” (QS 3:185).
Maka kemenangan yang sesungguhnya inilah yang harus dikejar dengan seluruh kemampuan, resources dan semangat yang ada di diri kita...., InsyaAllah kita bisa menang.

Penulis Direktur Gerai Dinar dan kolumnis hidayatullah.com

0 komentar on "WIN: Karakter Para Pemenang dan Cara Mencapainya..."

Poskan Komentar