Rabu, 06 April 2011

Tips Mengatasi Cemburu

Setiap insan manusia pasti menginginkan hubungan yang indah dan harmonis dalam suatu keluarga atau mungkin dalam suatu hubungan persahabatan, partner kerja bahkan dengan kekasih. Tapi kalau kita sudah terinfeksi dengan virus cemburu, hubungan yang indah dan harmonis akan sirna. Secara tidak di sengaja kita pasti merasakan atau mengalami cemburu.
Apa sih cemburu itu?
Kenapa harus cemburu?
Banyak orang bilang kalau kita tidak merasa cemburu katanya enggak sayang, enggak cinta, dan enggak-enggak yang lain. Apa betul begitu?
Cemburu dapat diartikan berpindahnya rasa kasih sayang ke orang lain atau ke suatu benda yang membuat kita merasa dinomor-duakan bahkan mungkin dianggap tak ada. Jika ada orang yang belum pernah merasakan cemburu berarti belum pernah merasakan arti kata ‘cinta’. Belum pernah merasakan cinta karena belum pernah memperhatikan orang lain. Mangkannya kita harus cemburu, biar kita punya cinta.. Hehehehe.. Tapi kalau cemburunya kebangetan ya enggak baik… Iya to..??? Bener to…??
Banyak berbagai alasan orang merasa cemburu, mungkin saja karena pengalaman masa lalu. Dimana kurang diperhatikan atau bahkan ditinggalkan orang-tuanya. Bisa juga karena pernah ditipu oleh mantan kekasih atau sahabat dekat. Saat cemburu datang, dapat memberikan hal-hal negatif yang membuat seseorang kehilangan akal. Terkadang menghalalkan segala cara agar rasa cemburu kita dapat terselesaikan.
Ciri-ciri orang yang cemburu, ia akan bersifat possesif, menanyakan segala hal dengan sedetail mungkin. mengkomentari banyak hal terutama hal-hal fisik dan juga kemampuan intelektual.
Jika kita bingung mengatasi rasa cemburu, berikut tips mengatasi cemburu :
  • Cari udara segar lalu tarik napas dalam-dalam, hembuskan sekuat mungkin sampai anda merasa lebih tenang dan lupa dengan rasa cemburu kita.
  • Dengarakan musik favorit kita dan ikutlah bernyanyi. Terutama lagu cinta atau lagu rohani yang bisa menyajukkan hati.
  • Simpan semua benda-benda yang bisa mengingatkan kita akan rasa cemburu yang melanda kita.
  • Berpergian ke sutau tempat yang bisa membuat kita nyaman
  • Alihkan pikiran kita pada hal-hal lain yang positif
  • Menangislah sepuas hati. Konon dengan kita menagis, semua apa yang mengganjal pada hati atau perasaan kita akan sirna. Tidak dipungkiri lagi hal yang satu ini sangat di benci oleh kaum pria.
  • Berdoalah dan pasrahkan seluruh keadaan padaNYA, mintalah petunjuk agar mendapatkan jalan keluar dalam menyelesaikan masalah cemburu kita
Hadapi semua cobaan dengan tenang dan berusaha memecahkan masalah yang kita hadapi. Jangan sekali-kali menghidar dari masalah..

TIPS BARU MENGATASI CEMBURU

 

1. Terima hakikat bahawa sifat cemburu kita adalah masalah kita sendiri & kita bertanggungjawab mengatasinya sendiri. Fikirkan tiada siapa yang boleh membuat kita cemburu. Kita boleh mengawal fikiran dalam apa bentuk situasi pun. Ingat, pilihan terletak pada diri sendiri, bukannya orang lain. 2. Hormati perasaan pasangan kita. Seperti kita, dia juga mempunyai hak untuk menilai kecantikan wanita/lelaki lain. Jika kita dapat melakukannya, kita sudah dapat mengatasi sifat cemburu.
3. Bagi diri sendiri masa untuk mengatasinya. Jika kita memang seorang yang cemburu, usah berharap kita boleh berubah dalam masa yang singkat.
4. Tuliskan apa perasaan kita bila kita merasa cemburu. Marah? Tidak tentu arah? Menangis? Geram? Rasa malu? Rasa bersalah? atau bertindak kasar? Adakah kita ingin meneruskan hidup kita dengan cara ini? Jika jawapannya tidak, maka cepat2 lah berubah.
5. Cuba fikirkan bagaimana cemburu kita meledak. Adakah adil kita menyisihkan pasangan kita daripada orang lain? Teruk sangatkah dia bila dia senyum pada seorang wanita/lelaki lain? Tidakkah kita sendiripun pernah tersenyum pada wanita/lelaki lain?
6. Ramai orang yang mempunyai perasaan & masalah cemburu suka menyalahkan orang lain. Mereka kerap mencari kesalahan orang lain & mahu pihak yang satu lagi mengubah sikap tetapi dalam masa yang sama tidak melihat kesalahan sendiri. Terima hakikat bahawa kita manusia sebenarnya tidak sempurna.
7. Bagaimana erat pun hubungan anda berdua, terima hakikat bahawa masih ada lelaki/wanita lain yang lebih cantik/tampan, bijak & baik. Jadi janganlah cuba mengongkong pasangan kita. Habiskan masa bersamanya dengan penuh kegembiraan. Jangan biarkan hubungan kita goyang dengan imaginasi kita yang karut.
8. Bina keyakinan diri. Kita mungkin berasa tidak selamat jika selalu bergantung kepada pasangan. Luaskan persahabatan dengan orang lain.
9. Jika rasa cemburu kita sedang memuncak, bayangkan apa yang akan berlaku jika kita melepaskannya kepada pasangan kita. Contohnya jika pasangan dinaikkan pangkat & mempunyai seorang setiausaha yang cantik, kita patutnya ucapkan tahniah & bukannya menyindir. Jika dia ingin curang dengan sesiapa, dia tetap akan buat tak kira la samada kita cemburu ataupun tidak. Cemburu tidak akan dapat menghalang mereka.

TIPS MENGATASI CEMBURU PASANGAN KITA
 

CEMBURU memang menjadi bumbu sebuah hubungan. Cemburu menjadi cara efektif untuk mengungkapkan perasaan seseorang terhadap pasangan. Rasa cemburu juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda masih berarti buat pasangan. Namun bila rasa cemburu itu berlebihan tentu akan membuat hubungan yang semula indah dan menyenangkan berubah sebaliknya. Apalagi bila perasaan itu hadir saat si dia kembali berhubungan dengan mantan kekasihnya.
Misalkan saat kekasih sakit dan dirawat oleh mantannya yang seorang dokter, tiba-tiba rasa cemburu itu hinggap. Tentu yang terbayang hanya pikiran-pikiran negatif seperti “jangan-jangan si dia dan mantannya sedang bermesraan di rumah sakit”, atau Anda merasa takut dia akan kembali pada mantannya setelah pertemuan tersebut.
Nah, agar membuat hidup terasa lebih nyaman dan membuat hidup lebih langgeng, maka sebaiknya Anda meredam rasa cemburu jangan sampai berlebihan. Untuk itu, simak beberapa tips dari AskMen berikut:
[*]Undang teman dan mantannya untuk pesta bersama
Anda dapat memulainya dengan mengajak teman serta mantan kekasih untuk pesta bersama. Jangan lupa ingatkan pasangan untuk mengenalkan Anda sebagai kekasihnya kepada setiap tamu yang datang.
Saat si dia tengah mengobrol bersama teman-teman dan mantan kekasihnya, maka Anda pun harus turut serta di dalamnya. Dengan begitu, suasana hati akan lebih cair. Anda pun tak perlu lagi cemburu dengan teman-temannya karena Anda sudah mengenal mereka, demikian pula kebalikannya.
[*]Deteksi dini penyebab cemburu si dia
Anda harus bisa meredam bahkan menghilangkan rasa cemburunya dengan mencari tahu dan menyadari alasan yang membuat pasangan Anda cemburu. Untuk itu, Anda harus lebih sensitif dan peka terhadap segala hal yang telah Anda lakukan baik bersama teman maupun mantan kekasihnya.
Jika Anda telah menemukan jawabannya, jelaskan pada pasangan dengan perlahan. Jika ternyata yang membuatnya cemburu adalah pertemuan tanpa sengaja Anda dengan mantannya, maka ajak pasangan bertemu langsung dengannya dan perkenalkan pasangan Anda sebagai kekasih.
[*]Tanamkan rasa percaya diri
Jika ternyata Anda merasa cemburu dengan pasangan, maka yang perlu Anda lakukan untuk meredam rasa cemburu itu ialah tingkatkan rasa percaya diri. Yakini bahwa Anda adalah pasangan terbaik yang dimiliki oleh pasangan.
Anda juga dapat meyakinkan dirinya bahwa tak ada satu orang pun yang lebih baik dari Anda.
[*]Hapus semua kenangan saat Anda cemburu dengannya
Agar pasangan tak lagi cemburu buta, maka sebaiknya hapus segala kenangan buruk yang terjadi saat Anda dan pasangan saling cemburu. Selain itu, coba terus mengingat hal-hal lucu tentangnya.
Misalnya, Anda tidak perlu mengingat hal-hal menyakitkan yang dikatakan oleh pasangan saat bertengkar karena curiga Anda berselingkuh dengan temannya. Tapi Anda dapat mengingat dan menggodanya sambil berkata “kemarin ada yang cemburu sama temannya sendiri loh..”, dijamin Anda dan dia akan tertawa bersama dan suasana terasa lebih cair.

4 TIPS MENGATASI CEMBURU BUTA PASANGAN

 

Cemburu sering disebut-sebut sebagai ‘bumbu’ dan ekspresi rasa sayang dari suatu hubungan. Tetapi bila rasa cemburu sudah berlebihan, bagaimana cara mengatasainya?
Berikut adalah beberapa tips sederhana dan mudah yang bisa membantu Anda mengatasi kecemburuan dalam situasi sehari-hari.
1. Pelajari situasi
Langkah awal mengatasi rasa cemburu yang dirasa membawa energi negatif ini adalah dengan mengenali situasi terlebih dahulu. Ini bisa membuat Anda mendapatkan pandangan-pandangan lain yang lebih objektif. Tanyakan pada diri sendiri apakah melihat si dia makan siang dengan teman wanitanya memiliki alasan kuat untuk cemburu atau ini hanya reaksi Anda yang berlebihan.
2. Komunikasi
Sebaiknya mulailah membagi keraguan, ketakutan dan pikiran Anda ini dengan si dia, tentu saja dengan cara yang tidak berlebihan dan suasana yang nyaman. Jika Anda sakit hati melihat ia menjalin komunikasi rutin dnegan sang mantan, jelaskan alasan hingga akhirnya ia mengerti perasaan Anda. Cara lainnya, mulailah menjalin hubungan dengan teman terdekat si dia. Dengan mengenal dunia si dia, Anda lebih bisa mengendalikan pikiran Anda dari sudut pandang yang berbeda, bukan sekadar asumsi Anda saja.
3. Milikilah kegiatan masing-masing
Walaupun Anda memiliki hubungan yang spesial, bukan berarti Anda dan si dia harus selalu bersama. Sisihkan waktu untuk diri Anda sendiri dan teman-teman ketika si dia tidak bisa bersama. Hal ini dapat menghindari pikiran dan asumsi negatif menghampiri Anda ketika si dia sedang tidak bersama dengan Anda. 4. Belajarlah untuk menilai diri sendiri
Buatlah daftar kulaitas anda dan si dia, segala sesuatu yang membuat dia dan Anda saling mencitai. Jika rasa cemburu menghampiri, bacalah kembali daftar tersebut untuk mengingatkan Anda bahwa ia mencintai Anda dan Anda tidak memiliki alasan untuk cemburu dnegan teman wanitanya tersebut.


TIPS KECIL MENGATASI CEMBURU

 

Setiap orang pasti dapat merasakan detak-detak gemuruh dalam dadanya saat cemburu merasuk di seluruh urat nadinya. Bila itu yang terjadi saat Anda cemburu, ada tip kecil yang dapat Anda lakukan. *. Pertama Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan sekuat mungkin, lakukan ini minimal 50 kali dijamin Anda kelelahan sendiri dan lupa pada rasa cemburu.
*. Dua Minum air putih paling sedikit tiga gelas.
*. Tiga Putar musik kuat-kuat, terutama musik-musik beraliran keras, ikutlah bernyanyi.
*. Empat Berenang, merupakan cara jitu mengatasi sesak di dada akibat cemburu.
*. Lima Simpan semua benda-benda yang bisa mengingatkan Anda padanya.
*. Enam Pergilah ke pantai, pandangi lautan bebas dan hiruplah udara segar sebanyak mungkin.
*. Tujuh Alihkan pikiran pada hal-hal lain yang lebi positif, seperti rencana masa depan yang menantang. Konsentrasikan terus bila selalu gagal, jangan pernah menyerah pada rasa cemburu.
*. Delapan Jangan sekali-kali mencari pelarian dengan mengkonsumsi makan-makanan berlebih, karena pada akhirnya justeru akan menambah masalah baru.
*. Sembilan Temui sahabat lama, galilah nostalgia masa lalu bersamanya, usahakan kenangan yang menyenangkan saja.
*. Sepuluh Menangislah sepuas hati.
*. Sebelas Berdoalah dan pasrahkan seluruh keadaan pada Yang Maha Esa, mintalah petunjuk kemana langkah yang harus ditempuh.

TIPS MENGATASI CEMBURU

 

Perasaan cemburu kerap melanda pasangan jika salah satu pasangan terjadi suatu jalinan komunikasi dengan lawan jenis. Ada cemburu karena berbagai alasan dan ada yang juga cemburu yang tanpa alasan (cemburu buta). Untuk mengatasinya cobalah cara sederhana berikut ini :
1. Minum air putih paling sedikit tiga gelas.
2. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan sekuat mungkin. Lakukan minimal 50 kali. Dijamin Anda kelelahan sendiri dan lupa pada rasa cemburu.
3. Anda juga bisa memutar musik dengan kencang, terutama musik beraliran keras. Cobalah ikut bernyanyi.
4. Sementara, simpan semua benda-benda yang bisa mengingatkan Anda padanya.
5. Alihkan pikiran pada hal-hal lain yang lebih positif. Misalnya, rencana masa depan yang menantang. Konsentrasikan terus bila selalu gagal. Jangan pernah menyerah pada rasa cemburu.
6. Anda juga bisa berenang, karena ini merupakan cara jitu mengatasi sesak di dada akibat cemburu.
7. Jangan mencari pelarian dengan mengonsumsi makanan secara berlebih karena pada akhirnya justru akan menambah masalah baru, yaitu kegemukan.
8. Temui sahabat lama. Bernostalgialah bersama. Usahakan kenangan yang menyenangkan saja.
9. Jangan lupa berdoa dan pasrahkan seluruh keadaan pada Tuhan. Mintalah petunjuk langkah apa yang harus ditempuh untuk mengatasi masalah cemburu Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Rabu, 06 April 2011

Tips Mengatasi Cemburu

Diposkan oleh Wanita Sholehah di 04.04
Setiap insan manusia pasti menginginkan hubungan yang indah dan harmonis dalam suatu keluarga atau mungkin dalam suatu hubungan persahabatan, partner kerja bahkan dengan kekasih. Tapi kalau kita sudah terinfeksi dengan virus cemburu, hubungan yang indah dan harmonis akan sirna. Secara tidak di sengaja kita pasti merasakan atau mengalami cemburu.
Apa sih cemburu itu?
Kenapa harus cemburu?
Banyak orang bilang kalau kita tidak merasa cemburu katanya enggak sayang, enggak cinta, dan enggak-enggak yang lain. Apa betul begitu?
Cemburu dapat diartikan berpindahnya rasa kasih sayang ke orang lain atau ke suatu benda yang membuat kita merasa dinomor-duakan bahkan mungkin dianggap tak ada. Jika ada orang yang belum pernah merasakan cemburu berarti belum pernah merasakan arti kata ‘cinta’. Belum pernah merasakan cinta karena belum pernah memperhatikan orang lain. Mangkannya kita harus cemburu, biar kita punya cinta.. Hehehehe.. Tapi kalau cemburunya kebangetan ya enggak baik… Iya to..??? Bener to…??
Banyak berbagai alasan orang merasa cemburu, mungkin saja karena pengalaman masa lalu. Dimana kurang diperhatikan atau bahkan ditinggalkan orang-tuanya. Bisa juga karena pernah ditipu oleh mantan kekasih atau sahabat dekat. Saat cemburu datang, dapat memberikan hal-hal negatif yang membuat seseorang kehilangan akal. Terkadang menghalalkan segala cara agar rasa cemburu kita dapat terselesaikan.
Ciri-ciri orang yang cemburu, ia akan bersifat possesif, menanyakan segala hal dengan sedetail mungkin. mengkomentari banyak hal terutama hal-hal fisik dan juga kemampuan intelektual.
Jika kita bingung mengatasi rasa cemburu, berikut tips mengatasi cemburu :
  • Cari udara segar lalu tarik napas dalam-dalam, hembuskan sekuat mungkin sampai anda merasa lebih tenang dan lupa dengan rasa cemburu kita.
  • Dengarakan musik favorit kita dan ikutlah bernyanyi. Terutama lagu cinta atau lagu rohani yang bisa menyajukkan hati.
  • Simpan semua benda-benda yang bisa mengingatkan kita akan rasa cemburu yang melanda kita.
  • Berpergian ke sutau tempat yang bisa membuat kita nyaman
  • Alihkan pikiran kita pada hal-hal lain yang positif
  • Menangislah sepuas hati. Konon dengan kita menagis, semua apa yang mengganjal pada hati atau perasaan kita akan sirna. Tidak dipungkiri lagi hal yang satu ini sangat di benci oleh kaum pria.
  • Berdoalah dan pasrahkan seluruh keadaan padaNYA, mintalah petunjuk agar mendapatkan jalan keluar dalam menyelesaikan masalah cemburu kita
Hadapi semua cobaan dengan tenang dan berusaha memecahkan masalah yang kita hadapi. Jangan sekali-kali menghidar dari masalah..

TIPS BARU MENGATASI CEMBURU

 

1. Terima hakikat bahawa sifat cemburu kita adalah masalah kita sendiri & kita bertanggungjawab mengatasinya sendiri. Fikirkan tiada siapa yang boleh membuat kita cemburu. Kita boleh mengawal fikiran dalam apa bentuk situasi pun. Ingat, pilihan terletak pada diri sendiri, bukannya orang lain. 2. Hormati perasaan pasangan kita. Seperti kita, dia juga mempunyai hak untuk menilai kecantikan wanita/lelaki lain. Jika kita dapat melakukannya, kita sudah dapat mengatasi sifat cemburu.
3. Bagi diri sendiri masa untuk mengatasinya. Jika kita memang seorang yang cemburu, usah berharap kita boleh berubah dalam masa yang singkat.
4. Tuliskan apa perasaan kita bila kita merasa cemburu. Marah? Tidak tentu arah? Menangis? Geram? Rasa malu? Rasa bersalah? atau bertindak kasar? Adakah kita ingin meneruskan hidup kita dengan cara ini? Jika jawapannya tidak, maka cepat2 lah berubah.
5. Cuba fikirkan bagaimana cemburu kita meledak. Adakah adil kita menyisihkan pasangan kita daripada orang lain? Teruk sangatkah dia bila dia senyum pada seorang wanita/lelaki lain? Tidakkah kita sendiripun pernah tersenyum pada wanita/lelaki lain?
6. Ramai orang yang mempunyai perasaan & masalah cemburu suka menyalahkan orang lain. Mereka kerap mencari kesalahan orang lain & mahu pihak yang satu lagi mengubah sikap tetapi dalam masa yang sama tidak melihat kesalahan sendiri. Terima hakikat bahawa kita manusia sebenarnya tidak sempurna.
7. Bagaimana erat pun hubungan anda berdua, terima hakikat bahawa masih ada lelaki/wanita lain yang lebih cantik/tampan, bijak & baik. Jadi janganlah cuba mengongkong pasangan kita. Habiskan masa bersamanya dengan penuh kegembiraan. Jangan biarkan hubungan kita goyang dengan imaginasi kita yang karut.
8. Bina keyakinan diri. Kita mungkin berasa tidak selamat jika selalu bergantung kepada pasangan. Luaskan persahabatan dengan orang lain.
9. Jika rasa cemburu kita sedang memuncak, bayangkan apa yang akan berlaku jika kita melepaskannya kepada pasangan kita. Contohnya jika pasangan dinaikkan pangkat & mempunyai seorang setiausaha yang cantik, kita patutnya ucapkan tahniah & bukannya menyindir. Jika dia ingin curang dengan sesiapa, dia tetap akan buat tak kira la samada kita cemburu ataupun tidak. Cemburu tidak akan dapat menghalang mereka.

TIPS MENGATASI CEMBURU PASANGAN KITA
 

CEMBURU memang menjadi bumbu sebuah hubungan. Cemburu menjadi cara efektif untuk mengungkapkan perasaan seseorang terhadap pasangan. Rasa cemburu juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda masih berarti buat pasangan. Namun bila rasa cemburu itu berlebihan tentu akan membuat hubungan yang semula indah dan menyenangkan berubah sebaliknya. Apalagi bila perasaan itu hadir saat si dia kembali berhubungan dengan mantan kekasihnya.
Misalkan saat kekasih sakit dan dirawat oleh mantannya yang seorang dokter, tiba-tiba rasa cemburu itu hinggap. Tentu yang terbayang hanya pikiran-pikiran negatif seperti “jangan-jangan si dia dan mantannya sedang bermesraan di rumah sakit”, atau Anda merasa takut dia akan kembali pada mantannya setelah pertemuan tersebut.
Nah, agar membuat hidup terasa lebih nyaman dan membuat hidup lebih langgeng, maka sebaiknya Anda meredam rasa cemburu jangan sampai berlebihan. Untuk itu, simak beberapa tips dari AskMen berikut:
[*]Undang teman dan mantannya untuk pesta bersama
Anda dapat memulainya dengan mengajak teman serta mantan kekasih untuk pesta bersama. Jangan lupa ingatkan pasangan untuk mengenalkan Anda sebagai kekasihnya kepada setiap tamu yang datang.
Saat si dia tengah mengobrol bersama teman-teman dan mantan kekasihnya, maka Anda pun harus turut serta di dalamnya. Dengan begitu, suasana hati akan lebih cair. Anda pun tak perlu lagi cemburu dengan teman-temannya karena Anda sudah mengenal mereka, demikian pula kebalikannya.
[*]Deteksi dini penyebab cemburu si dia
Anda harus bisa meredam bahkan menghilangkan rasa cemburunya dengan mencari tahu dan menyadari alasan yang membuat pasangan Anda cemburu. Untuk itu, Anda harus lebih sensitif dan peka terhadap segala hal yang telah Anda lakukan baik bersama teman maupun mantan kekasihnya.
Jika Anda telah menemukan jawabannya, jelaskan pada pasangan dengan perlahan. Jika ternyata yang membuatnya cemburu adalah pertemuan tanpa sengaja Anda dengan mantannya, maka ajak pasangan bertemu langsung dengannya dan perkenalkan pasangan Anda sebagai kekasih.
[*]Tanamkan rasa percaya diri
Jika ternyata Anda merasa cemburu dengan pasangan, maka yang perlu Anda lakukan untuk meredam rasa cemburu itu ialah tingkatkan rasa percaya diri. Yakini bahwa Anda adalah pasangan terbaik yang dimiliki oleh pasangan.
Anda juga dapat meyakinkan dirinya bahwa tak ada satu orang pun yang lebih baik dari Anda.
[*]Hapus semua kenangan saat Anda cemburu dengannya
Agar pasangan tak lagi cemburu buta, maka sebaiknya hapus segala kenangan buruk yang terjadi saat Anda dan pasangan saling cemburu. Selain itu, coba terus mengingat hal-hal lucu tentangnya.
Misalnya, Anda tidak perlu mengingat hal-hal menyakitkan yang dikatakan oleh pasangan saat bertengkar karena curiga Anda berselingkuh dengan temannya. Tapi Anda dapat mengingat dan menggodanya sambil berkata “kemarin ada yang cemburu sama temannya sendiri loh..”, dijamin Anda dan dia akan tertawa bersama dan suasana terasa lebih cair.

4 TIPS MENGATASI CEMBURU BUTA PASANGAN

 

Cemburu sering disebut-sebut sebagai ‘bumbu’ dan ekspresi rasa sayang dari suatu hubungan. Tetapi bila rasa cemburu sudah berlebihan, bagaimana cara mengatasainya?
Berikut adalah beberapa tips sederhana dan mudah yang bisa membantu Anda mengatasi kecemburuan dalam situasi sehari-hari.
1. Pelajari situasi
Langkah awal mengatasi rasa cemburu yang dirasa membawa energi negatif ini adalah dengan mengenali situasi terlebih dahulu. Ini bisa membuat Anda mendapatkan pandangan-pandangan lain yang lebih objektif. Tanyakan pada diri sendiri apakah melihat si dia makan siang dengan teman wanitanya memiliki alasan kuat untuk cemburu atau ini hanya reaksi Anda yang berlebihan.
2. Komunikasi
Sebaiknya mulailah membagi keraguan, ketakutan dan pikiran Anda ini dengan si dia, tentu saja dengan cara yang tidak berlebihan dan suasana yang nyaman. Jika Anda sakit hati melihat ia menjalin komunikasi rutin dnegan sang mantan, jelaskan alasan hingga akhirnya ia mengerti perasaan Anda. Cara lainnya, mulailah menjalin hubungan dengan teman terdekat si dia. Dengan mengenal dunia si dia, Anda lebih bisa mengendalikan pikiran Anda dari sudut pandang yang berbeda, bukan sekadar asumsi Anda saja.
3. Milikilah kegiatan masing-masing
Walaupun Anda memiliki hubungan yang spesial, bukan berarti Anda dan si dia harus selalu bersama. Sisihkan waktu untuk diri Anda sendiri dan teman-teman ketika si dia tidak bisa bersama. Hal ini dapat menghindari pikiran dan asumsi negatif menghampiri Anda ketika si dia sedang tidak bersama dengan Anda. 4. Belajarlah untuk menilai diri sendiri
Buatlah daftar kulaitas anda dan si dia, segala sesuatu yang membuat dia dan Anda saling mencitai. Jika rasa cemburu menghampiri, bacalah kembali daftar tersebut untuk mengingatkan Anda bahwa ia mencintai Anda dan Anda tidak memiliki alasan untuk cemburu dnegan teman wanitanya tersebut.


TIPS KECIL MENGATASI CEMBURU

 

Setiap orang pasti dapat merasakan detak-detak gemuruh dalam dadanya saat cemburu merasuk di seluruh urat nadinya. Bila itu yang terjadi saat Anda cemburu, ada tip kecil yang dapat Anda lakukan. *. Pertama Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan sekuat mungkin, lakukan ini minimal 50 kali dijamin Anda kelelahan sendiri dan lupa pada rasa cemburu.
*. Dua Minum air putih paling sedikit tiga gelas.
*. Tiga Putar musik kuat-kuat, terutama musik-musik beraliran keras, ikutlah bernyanyi.
*. Empat Berenang, merupakan cara jitu mengatasi sesak di dada akibat cemburu.
*. Lima Simpan semua benda-benda yang bisa mengingatkan Anda padanya.
*. Enam Pergilah ke pantai, pandangi lautan bebas dan hiruplah udara segar sebanyak mungkin.
*. Tujuh Alihkan pikiran pada hal-hal lain yang lebi positif, seperti rencana masa depan yang menantang. Konsentrasikan terus bila selalu gagal, jangan pernah menyerah pada rasa cemburu.
*. Delapan Jangan sekali-kali mencari pelarian dengan mengkonsumsi makan-makanan berlebih, karena pada akhirnya justeru akan menambah masalah baru.
*. Sembilan Temui sahabat lama, galilah nostalgia masa lalu bersamanya, usahakan kenangan yang menyenangkan saja.
*. Sepuluh Menangislah sepuas hati.
*. Sebelas Berdoalah dan pasrahkan seluruh keadaan pada Yang Maha Esa, mintalah petunjuk kemana langkah yang harus ditempuh.

TIPS MENGATASI CEMBURU

 

Perasaan cemburu kerap melanda pasangan jika salah satu pasangan terjadi suatu jalinan komunikasi dengan lawan jenis. Ada cemburu karena berbagai alasan dan ada yang juga cemburu yang tanpa alasan (cemburu buta). Untuk mengatasinya cobalah cara sederhana berikut ini :
1. Minum air putih paling sedikit tiga gelas.
2. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan sekuat mungkin. Lakukan minimal 50 kali. Dijamin Anda kelelahan sendiri dan lupa pada rasa cemburu.
3. Anda juga bisa memutar musik dengan kencang, terutama musik beraliran keras. Cobalah ikut bernyanyi.
4. Sementara, simpan semua benda-benda yang bisa mengingatkan Anda padanya.
5. Alihkan pikiran pada hal-hal lain yang lebih positif. Misalnya, rencana masa depan yang menantang. Konsentrasikan terus bila selalu gagal. Jangan pernah menyerah pada rasa cemburu.
6. Anda juga bisa berenang, karena ini merupakan cara jitu mengatasi sesak di dada akibat cemburu.
7. Jangan mencari pelarian dengan mengonsumsi makanan secara berlebih karena pada akhirnya justru akan menambah masalah baru, yaitu kegemukan.
8. Temui sahabat lama. Bernostalgialah bersama. Usahakan kenangan yang menyenangkan saja.
9. Jangan lupa berdoa dan pasrahkan seluruh keadaan pada Tuhan. Mintalah petunjuk langkah apa yang harus ditempuh untuk mengatasi masalah cemburu Anda.

0 komentar on "Tips Mengatasi Cemburu"

Poskan Komentar